Bagaimana Konfigurasi Permissions di Linux

Agresive02.blogspot.com - Kali ini kita akan melihat pada hak akses Linux. Setiap penawaran sistem saat operasi dengan hak akses, baik itu kepemilikan dari sebuah file atau hanya mendapatkan akses baca untuk folder. Seperti segala sesuatu lainnya di Linux ada alat baris perintah dan antarmuka pengguna grafis jadi kita akan membahas keduanya.

Utility chown

Ini adalah alat baris perintah yang berkaitan dengan kepemilikan dari file atau folder. Buka terminal dan beralih ke root. Arahkan ke direktori yang berisi file / folder yang Anda ingin mengubah dan ketik:

chown [username] [file / folder]

Jadi misalnya jika saya ingin mengubah pemilik file yang disebut alat untuk natasha dan itu terletak di / home / chris saya akan mengetikkan:

cd / home / chris

chown natasha alat


Untuk memeriksa yang memiliki file folder / tertentu Anda dapat menavigasi ke direktori yang berisi file / folder dan ketik:

ls-l

Para Chmod Utilitas

Selanjutnya adalah utilitas chmod yang berkaitan dengan hak akses sendiri. Buka terminal dan beralih ke root. Arahkan ke direktori yang berisi file / folder yang Anda ingin mengubah dan ketik:

chmod [777] [file / folder]

Mari kita pertama menjelaskan sistem penomoran di atas. Ada tiga jenis hak akses di Linux - Baca, Tulis dan Jalankan yang diberikan nilai 4, 2 dan 1 masing-masing. Jadi dalam sintaks diatas file tersebut akan diberi Baca (4), Tulis (2) dan Execute (1) hak akses (4 +2 +1 = 7). Tapi jangan Anda memberikan izin untuk rakyat dan bukan file atau folder? Benar, itu sebabnya ada tiga nomor yang mewakili pemilik, grup dan lainnya. Mari kita contoh untuk menggambarkan hal ini. Katakanlah saya ingin mengubah hak akses dari file bernama tools.doc kepada pemilik (RWE), kelompok (rw) dan lainnya (r) dan itu terletak di / home / chris saya akan mengetikkan:

cd / home / chris

chmod 764 tools.doc


Hal ini memberikan pemilik (RWE = 7) kelompok (rw = 6) dan lain-lain (r = 4) berbagai tingkat akses ke file.

Grafis Sarana Permissions Mengubah dan Kepemilikan

Bagi orang yang tidak ingin menggunakan baris perintah ada cara lain untuk melakukan semua ini. Saya akan menggambarkan hal ini menggunakan Linux Mint 9. Cari file yang akan mengubah dengan menggunakan file manager Anda. Klik kanan dan pergi untuk membuka sebagai root. Di Linux Mint 9 latar belakang akan merah bila file terbuka sebagai root. Klik kanan dan pergi ke properti. Pada halaman properti Anda akan diberikan pilihan untuk mengubah hak akses untuk kelompok, pemilik dan lain-lain bersama dengan mengubah pemilik file.

Tags:

0 Responses to “Bagaimana Konfigurasi Permissions di Linux”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Agresive02. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks